Yuk Membuat Kartu Kata

Kurikulum 2013 merupakan pembelajaran yang aktif kreatif dan menyenangkan. Materi pembelajaran sesuai dengan usia siswa sekolah dasar yang masih dalam tahap bermain. Pembelajaran banyak yang dilakukan dengan permainan, berkreasi atau langsung unjuk kerja seperti menari dan menyanyi.

Pada pembelajaran kelas 1 tema 2 subtema 4 terdapat materi pembuatan kartu kata dengan menghias dari bahan alam. Bahan alam yang dipilih adalah daun nangka kering karena teksturnya yang kaku sehingga mudah digunting dan dibentuk oleh siswa. Pertimbangan lainnya adalah keterampilan siswa di kelas 1 masih dalam tahap belajar sehingga memerlurkan bahan yang mudah dibentuk dan dikreasikan.

Siswa terlihat bersemangat dalam membuat kartu kata. Mereka secara mandiri dapat menghias kartu dengan daun kering yang mereka gunting sesuai dengan kreatifitas masing-masing. Sebelum menghias, aspek bahasa yaitu menulis dilaksanakan terlebih dahulu.

Kelompok Mandiri

Kelompok Kreatif

Kelompok Rajin

Kelompok Hebat

Kelompok Cerdas

Berikut skenario pembelajaran membuat kartu kata di SDN Klakah 01 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Oktober 2018.
1. Guru mempersiapkan kertas buffalo yang sudah dibagi menjadi 2 dan menempelkan satu gambar di atasnya. Gambar pada kartu satu berbeda dengan kartu lainnya. Jadi, jika ingin membuat 28 kartu maka harus menyediakan gambar 28 macam.
2. Siswa membawa peralatan yang sudah diumumkan sebelumnya yaitu daun nangka kering, gunting dan lem UHU.
3. Guru membagikan kartu kata kemudian siswa menuliskan nama gambar yang ada pada kartu yang diterimanya dengan pensil warna.
4. Siswa menghias kartu kata dengan daun kering.
5. Hasil kreasi siswa dipajang di papan pajangan.

Belajar membaca dan menulis jadi menyenangkan dan penuh semangat karena menggunakan metode unjuk kerja. Hal ini menantang siswa untuk berkreasi agar kartu kata buatannya terlihat indah.

Kartu Kata Kelas 1 

Komentar

  1. Pylon Sign adalah media adversiting outdoor dengan bentuk seperti neon box, memiliki desain unik sehingga tidak dapat disamakan dengan reklame lainnya. Pylon sign terbuat dari beberapa bahan yaitu rangka besi hollow dengan dinding ACP atau Acrylic dan dapat di kombinasikan dengan Lampu LED ataupun Running Text. Ukuran standar pylonsign 5 meter

    Ada beberapa manfaat atau keunggulan menggunakan pylon sign yaiyu media branding yang unik, harga pylon sign terjangkau, desain pylon sign bisa sesuai selera, tahan lama dan awet, enciptakan identitas sebuah bisnis, secara visual terlihat lebih menarik

    CV. Bahagia Sukses Makmur merupakan perusahaan adversiting yang sudah berpengalaman. Kami melayani jasa pembuatan pylon sign (Totem). Dengan konsep serta hasil yang maksimal baik kualitas bahan dasar, hasil finishing ataupun harga yang kompetitif.

    Untuk info pemesanan, dapat hubungi nomor di bawah ini:
    No. Telp / Wa : 0813 1614 0397
    Alamat Kantor : Jl. Cendana Raya No.15 A Bencongan Indah Karawaci Tangerang

    https://huruftimbultangerang22.blogspot.com/





    #totempln
    #totemspbu
    #billboard
    #totembank
    #totembri
    #pylonsignbank
    #jasapembuatanpylonsign
    #jasapembuatantotem
    #jualpylonsigntangerang
    #jualpylonsignjakarta
    #jualpylonsignkarawaci
    #jualpylonsignjabodetabek
    #jualjasapembuatanpylonsignjakarta
    #jualtotemtangerang
    #jualtotemjakarta
    #jualtotembekasi
    #jualpylonsignmurah

    BalasHapus

Posting Komentar