Rantai Kertas di Kelas Kami

Assalamualaikum...
Back to school setelah refresh otak selama dua minggu. Tentunya hari awal-awal pembelajaran masih dibayangi acara liburan yang menyenangkan. Agar tidak kalah seru, awal masuk sekolah di kelas juga harus diisi dengan hal yang seru.

Apa iya bisa?

Bisa dong dan tidak sulit juga, seperti di kelas 1 SDN Klakah 01, Kecamatan Klakah, belajar simbol sila kedua Pancasila dengan membuat replikanya yaitu rantai dari kertas lipat.

Serunya belajar kami terekam sedikit dalam video di bawah ini.


Pembelajaran direncakan dengan memberikan informasi kepada siswa pada hari Jum'at agar membawa perlengkapan yaitu kertas lipat, lem dan gunting. Perlengkapan tersebut akan digunakan untuk membuat rantai kertas di hari Sabtu, 6 Januari 2019, atau keesokan harinya.

Alhamdulillah... hampir semua siswa membawa peralatan yang diminta. Dalam proses pembuatannya siswa dapat melaksanakan secara mandiri. Guru hanya mengawasi dan memberikan sedikit bantuan. Amazing...

Amazinya lagi,  siswa yang tidak membawa kertas lipat dibantu oleh siswa lainnya dengan memberikan beberapa kertas lipatnya, saling berbagi juga bersedia mengalah menggunakan lem dan gunting bergantian. Perbuatan ini sesuai dengan tema pembelajaran yang berlangsung yaitu sila kedua Pancasila yang mengajarkan untuk berbagi dengan teman.

Belajar sambil mengamalkan.

Rantai yang sudah selesai bukan berarti tugas juga rampung karena setelah membuat rantai siswa harus mempresentasikan tentang sila kedua Pancasila yang berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab. Kegiatan presentasi diharapkan dapat menambah rasa percaya diri siswa dan membiasakan siswa untuk bercerita di depan orang banyak.

Ini rantai kertas kami... kamu?

Komentar