Kurikulum 2013
menuntut guru untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif
dan menyenangkan. “Suasana riang gembira harus selalu diciptakan dalam
pembelajaran” begitulah pesan dari Bapak Marsukap, M.Pd, pengawas SD/TK
Kecamatan Klakah. Hal ini sesuai dengan pendapat Dave Meier dalam bukunya The
Accelerated Learning Handbook dalam Kompasiana[1]
bahwa suasana menyenangkan di sini tentunya bukan hanya sekedar bergembira
saja, tetapi kegembiraan di sini berarti membangkitkan minat belajar siswa,
menciptakan keterlibatan penuh siswa dalam aktivitas belajar, serta terciptanya
makna, pemahaman dan nilai yang membahagiakan dalam diri siswa.
Pembelajaran pada
K13 memiliki cara yang berbeda dalam beberapa aspek dengan KTSP 2006. Materi pembelajaran
disusun berdasarkan tema bukan satuan mata pelajaran dan kegiatan pembelajaran telah
disusun dalam buku siswa dan buku guru. Guru hanya berkewajiban untuk
mempersiapkan rancangan pembelajaran dan media pembelajaran yang sesuai
sehingga dalam pelaksanaan kegiatan belajar dapat berjalan secara efektif.
Kegiatan ON 2 di
SDN Duren 02 yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 21 November 2017 merupakan
kegiatan pendampingan pelaksanaan K13 pada sekolah yang baru saja menerapkan
kurikulum nasional tersebut. Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana
berlatih bagi guru serta sebagai tolok ukur sejauh mana guru dapat menerapkan
K13 di sekolah masing-masing. Selain dihadiri oleh pengawas TK/SD, kegiatan ini
juga dihadiri oleh kepala sekolah dan guru dari SDN Klakah 03 dan SDN Kebonan
01.
Pembelajaran yang
dipilih pada ON 2 ini adalah pembelajaran pada tema “Pahlawanku”, sub tema 1,
pembelajaran 3. Materi yang terkandung adalah PJOK, Bahasa Indonesia dan IPA.
Materi PJOK yaitu
tentang penanganan luka memar yang disampaikan oleh guru PJOK yaitu Ernanda
Hari. Materi Bahasa Indonesia adalah menggali pengetahuan dari teks bacaan yang
berjudul “Raja Balaputradewa” sedangkan materi IPA yaitu tentang Cakram Warna.
Cara pembuatan Cakram Warna dapat dibaca pada di sini
Membuat Cakram Warna |
Pembelajaran berjalan dengan lancar dan siswa sangat semangat dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Hal ini dibuktikan dengan semua tugas diselesaikan dengan baik dan tak lupa suasana gembira selalu dijaga antara lain dengan menyanyi menggunakan media pembelajaran yang konkrit, dan beberapa tepukan semangat.
Hasil yang
didapat yaitu siswa mampu menggali pengetahuan dari sebuah teks yang
ditunjukkan dengan presentasi hasil diskusi oleh perwakilan kelompok. Pada
pembelajaran IPA, siswa dapat membuat Cakram Warna dan membuktikan bahwa cahaya
putih matahari terdiri dari beberapa warna.
Berikut video
Cakram Warna buatan siswa kelas IV SDN Duren 02. Music Juara di Hatiku By Bastian Steel
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran kegiatan ON 2 ini dapat diunduh pada link di bawah
ini.
Begitulah sekilas
cerita kegiatan ON 2. Semoga memberikan manfaat dan inspirasi. Mari berkreasi
membangun negeri.
Komentar
Posting Komentar