Simple Sekali Buat SimPel (Simpanan Pelajar) di Bank Jatim

Assalamualaikum...

Sebelumnya saya ucapkan

Selamat Idul Fitri Tahun 1440 H. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin.

Simpanan Pelajar Bank Jatim

Idul fitri harus menjadi motivasi terhebat untuk resolusi diri menjadi lebih baik. Secara rohani, memperbaiki hubungan dengan Allah... Mempertebal keimanan dan meningkatkan ketaqwaan. Insya Allah. Tak lupa juga hubungan dengan sesama manusia. Kesempatan emas yang tidak boleh terlewatkan dengan menyambung kembali tali silaturahmi.

Sudah menjadi kebiasaan di Indonesia, saling kunjung mengunjungi menjadi jadwal pengisi kegiatan hari raya. Hampir semua rumah ramai dan penuh dengan tamu kecuali rumah yang ditinggal mudik ya. Kehangatan suasana terpancar dari obrolan-obrolan para orang tua. Suara anak kecil riuh rendah terdengar, bermain gembira bertemu dengan saudaranya. Kegembiraan bertambah bagi anak-anak ketika menerima angpau saat pulang. Wow... Berebut lho yang mau salim. Hihi... 

Nah... Mau dibuat apa sih angpaunya? Kalau Arya dan Niskha untuk ditabung di Simpanan Pelajar atau Simpel di Bank Jatim. Tabungan yang diperuntukkan untuk pelajar yang notabene anak di bawah umur.

Cara membuatnya simple kok, hampir sama dengan nama tabungannya yah? Kali ini aku buka rekening SimPel untuk Niskha karena Arya sudah punya, ceritanya di sini

Caranya cukup bawa KTP orang tua dan Kartu Keluarga saja ke Bank Jatim terdekat. Selanjutnya akan dipandu pihak bank untuk mengisi formulir pendaftaran. Di sini aku dibantu oleh Bu Nina yang ramah dan cantik. Terima kasih Bu Nina. Eh ngomong-ngomong, kenapa pegawai bank cantik-cantik yah? Ups... out of the topic yah?

Bu Nina dan SimPel Niskha yang sudah jadi

Pelayanan cepat dan ramah di Bank Jatim 

Okee...Balik lagi yuk...
Karena usia di bawah umur, KTP dan tanda tangan yang digunakan adalah milik orang tua namun buku tabungan sudah atas nama anak. Jangan lupa bawa angpaunya ya...hehe, untuk setoran awal. Tidak banyak kok, minimal 30.000 saja. Kalau lebih? Boleh sekali. Pembuatan buku rekeningnya juga cepat. Aku mungkin hanya menunggu 10 menit saja dan SimPel atas nama Niskha sudah jadi.

Bagaimana dengan ATM? Untuk SimPel sebenarnya disediakan ATM oleh Bank Jatim namun untuk Cabang Lumajang tidak disediakan. Hmmm... Tidak masalah, supaya mengurangi keinginan untuk mengurangi saldo tabungan. Betul?

"Tabungan ini hanya berlaku sampai anak berusia 17 tahun. Jadi, jika ingin melanjutkan maka harus membuka rekening baru, boleh Simpeda atau Tabunganku." begitu penjelasan Bu Nina tentang kelanjutan SimPel jika anak sudah cukup umur.

Hmmm... Tidak masalah lagi. Hal terpentingnya adalah moment menabung semenjak dini terekam dalam memori Arya dan Niskha dan menjadi salah satu kebiasaan baik untuk mereka sampai dewasa nantinya. Untuk saat ini, Alhamdulillah... Manfaat membuka tabungan di bank terlihat pada diri Arya. Dia lebih selektif dalam membelanjakan uangnya, dengan pertimbangan segi kebutuhan dan manfaat. Membeli mainan yang kurang bermanfaat menjadi lebih terkontrol.

Sementara untuk Niskha? Mempunyai buku tabungan baginya saat ini seperti mempunyai mainan baru. Usianya yang masih kecil belum paham tentang tujuan dan manfaat menabung. Namun, tidak ada salahnya mengajaknya menabung di bank semenjak kecil. Semoga menjadi salah satu kenangan yang menyenangkan dan berlanjut sampai besar untuk selalu hidup hemat.

Bagaimana? Mau memberi ide anak untuk menabungkan angpaunya di SimPel? Senangnya,  untuk setoran selanjutnya tidak perlu menunggu lebaran yah... karena minimal Rp. 5.000 saja. Bisa disiasati dengan memotivasi anak untuk menyisihkan uang sakunya setiap hari.


Bang bing bung yooook kita nabung
Tang ting tung yoook jangan dihitung
Lama-lama kita jadi dapat untung


Wassalamualaikum...

Komentar